Saturday, 2 February 2013

Hardware

Hardware

 
Hardware Input-Proses-Output
      Pengertian dari hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
                                                     
Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.
Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
1. input divice (unit masukan)
2. Process device (unit Pemrosesan)
3. Output device (unit keluaran)
4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
5. Periferal ( unit tambahan)
Komponen dasar pada komputer terdiri dari input, process, output dan storage. Input device terdiri dari keyboard dan mouse, Process device adalah microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control section), Output device terdiri dari monitor dan printer, Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen Periferal Device merupakan komponen tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya. Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.
1. Unit Masukan ( Input Device )
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
  •   Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
  •   Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :
a. Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
                                                 keyboard qwerty
Jenis-Jenis Keyboard :
1.      QWERTY
2.      DVORAK
3.      KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1. typewriter key
2. numeric key
3. function key
4. special function key.
b. Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
                                                                               Mouse Wireless
c. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
Touch Pad
                                                                Touch Pad Track Ball

                                                                       Pointing Stick   

d. Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
                                                                    perangkat Light Pen
f. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
          Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.
                                                               Scanner
2. Process device (unit Pemrosesan)
      a. Power Supplay
Power supplay menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPU power supplay mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan komputer. Kualitas power supplay menentukan kwalitas kinerja komputer. Daya sebesar 300-400 wat yang disalurkan power supplay biasanya cukup bagi komputer yang digunakan untuk pengetikan ataupun grafik. Sementara, daya 400-500 watt dibutuhkan jika komputer bekerja menggunakan banyak menggunakan Periferal ( unit tambahan).
b. RAM (Random Access Memory) – Memory
              RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory biasanya    
    disebut dengan istilah pendek yaitu Memori. Memory atau RAM merupakan 
    sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan 
    data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data 
    penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.
c.   Kartu grafis (unit keluaran)
             Kartu grafis, atau kartu video adalah kartu ekspansi yang berfungsi untuk menciptakan dan menampilkan tampilan-tampilan di layar. Kartu grafis ini terdiri dari rangkaian komponen elektronika. Biasanya tertancap pada slot di papan utama CPU pada komputer. Beberapa kartu grafis menawarkan fungsi lain, seperti menangkap video, dan adaptor untuk penala TV, menguraikan MPEG-2 dan MPEG-4, FireWire, dan menghubungkan menuju beberapa layar. Beberapa perusahaan yang membuat kartu grafis terkenal antara lain adalah ATI, Matrox, dan NVIDIA.
d.   Prosesor (unit pemprosesan)
       Pengertian Prosesor, atau yang biasanya disebut dengan CPU, adalah otak dari komputer. Prosesor adalah komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan komputer untuk bisa digunakan menjelajah internet, memutar lagu di iTunes, dan menjalankan sistem operasi Anda.
e.     Motherboard (unit pemprosesan)
        Motherboard atau Papan induk adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung, motherboard biasa disingkat dengan kata mobo. Pada motherboard inilah perangkat keras seperti Harddisk, ram, prosesor, kartu grafis, dan perangkat keras lain dihubungkan.
        Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.
3. Output device ( Unit keluaran )
a. Monitor
Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).
b. Printer
Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya. Jenis printer ada tiga macam, yaitu jenis Printer Dot metrix, printer Ink jet, dan printer Laser jet.
c. Speaker
Speaker di sini pengertiannya sama dengan speaker pada umumnya, Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.
4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
Ø  Harddisk (HDD)
                  Harddisk bisa juga disebut Harddisk drive (HDD) atau hard drive (HD), Harddisk  adalah sebuah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sekunder, di dalam harddisk berisi piringan magnetis. Harddisk pertama kali diciptakan oleh salah satu insinyur IBM, ia adalah Reynold Johnson pada tahun 1956. Harddisk yang juga dikenal dengan nama piringan keras ini pertama kali terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki atau 0,6 meter, dengan kecepatan putaran mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB.
     Data yang disimpan dalam harddisk tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah harddisk, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.
     Dalam perkembangannya harddisk ukuran fiskiknya menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar. Harddisk saat juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun kabel lain yang mendukung.

Sertifikasi CCNA, CNAP

Sertifikasi CCNA, CNAP



 Apakah Cisco Networking Academy itu ?
       Cisco Networking Academy disingkat CNA, merupakan kerjasama penyelenggaraan profesional training antara Cisco System, Inc. dengan lembaga-lembaga pendidikan tinggi terkemuka, untuk menhasilkan tenaga profesional teknologi informasi di bidang networking dan internet dengan pengakuan keahlian secara internasional.
Apa Tujuan CNA ?
      Profesional training CNA bertujuan untuk mengantarkan Anda menjadi ahli serta terampil dalam merancang, membangun, dan memelihara jaringan komputer dan internet. Program ini mengutamakan penguasaan sistem dan teknologi jaringan komputer dan internet, mulai dari pengetahuan dasar sampai pengetahuan lanjut, mulai dari instalasi kabel sampai strategi pengembangan jaringan.
Sertifikasi Apa yang Dapat Diperoleh dari CNA ?
     {mosimage} Profesional training CNA akan mempersiapkan Anda untuk memperoleh Cisco Career Certifications, yaitu sistem sertifikasi networking profesional yang paling dihargai di dunia dan secara umum telah menjadi standar recruitmen perusahaan Teknologi Informasi dunia.
Sistem sertifikasi ini dibagi menjadi tiga tingkatan :
  • CCNA (Cisco Certified Networking Associate)
  • CCNP (Cisco Certified Networking Professional)
  • CCIE (Cisco Certified Internetworking Expert)
Kerjasama Cisco System, Inc. dengan Departemen Fisika, FMIPA-UI menawarkan program CCNA. Setelah sukses mengikuti program training CNA di Departemen Fisika FMIPA-UI, Anda akan memperoleh Sertifikasi Internasional resmi dari Cisco System, Inc. sebagai bukti kelulusan Anda.
Mengapa Perlu Mengikuti CNA ?
Dalam era ekonomi internet ini, tenaga profesional di bidang Teknologi Informasi sangat dibutuhkan. Kebutuhan dunia akan tenaga networking dan internet saat ini terus meningkat setiap tahun.
CNAP dirancang untuk memenuhi kebutuhan ini dengan :
  • Mendidik Anda menjadi tenaga profesional yang terampil di bidang networking dan internet, serta
  • Mempersiapkan Anda untuk mendapatkan Cisco Career Certifications CCNA, CCNP, dan CCIE
Dengan menyandang Sertifikasi CCNA, CCNP, atau CCIE, maka Anda akan siap memasuki lapangan kerja dan dapat bersaing sacara global.
 Bagaimana Sistem Pendidikan CNA ?

Kurikulum
Seluruh Kurikulum profesional training CNA dirancang oleh Cisco System, Inc. dan bersifat vendor neutral. Kurikulum ini akan secara bertahap melatih Anda menjadi ahli dan terampil dalam merancang, membangun, dan memelihara jaringan komputer dan internet.
CCNP (Cisco Cetified Network Profesional). Program ini ditujukan kepada para praktisi jaringan komputer yang telah memiliki sertifikasi CCNA atau telah mengikuti program training CCNA Fasttrack atau Cisco Networking Academy Program serta berkeinginan untuk mendalami teknologi jaringan komputer berbasis Cisco Devices. Program Training CCNPyang diselenggarakan oleh NetCampus Training Center dikemas dalam paket program yang dinamakan Program Intensif CCNP.
Program Intensif CCNP adalah program training CCNP yang menggabungkan 3 modul training CCNP (Advanced Routing, Multilayer Switching, dan Network Troubleshooting) dalam 1 (satu) paket program training. Program ini berlangsung selama 3,5 bulan bulan dimana training diselenggarakan dengan mengkombinasikan metode presentasi, simulasi konfigurasi router dengan memanfaatkan software simulator, serta praktek langsung dengan perangkat jaringan berbasis Cisco Devices seperti Cisco Router 2600 dan 3600 serta Cisco Switch Catalyst 2900(Layer 2) dan 3550 (Layer 3).

 Apakah Cisco Networking Academy itu ?
       Cisco Networking Academy disingkat CNA, merupakan kerjasama penyelenggaraan profesional training antara Cisco System, Inc. dengan lembaga-lembaga pendidikan tinggi terkemuka, untuk menhasilkan tenaga profesional teknologi informasi di bidang networking dan internet dengan pengakuan keahlian secara internasional.
Apa Tujuan CNA ?
      Profesional training CNA bertujuan untuk mengantarkan Anda menjadi ahli serta terampil dalam merancang, membangun, dan memelihara jaringan komputer dan internet. Program ini mengutamakan penguasaan sistem dan teknologi jaringan komputer dan internet, mulai dari pengetahuan dasar sampai pengetahuan lanjut, mulai dari instalasi kabel sampai strategi pengembangan jaringan.
Sertifikasi Apa yang Dapat Diperoleh dari CNA ?
     {mosimage} Profesional training CNA akan mempersiapkan Anda untuk memperoleh Cisco Career Certifications, yaitu sistem sertifikasi networking profesional yang paling dihargai di dunia dan secara umum telah menjadi standar recruitmen perusahaan Teknologi Informasi dunia.
Sistem sertifikasi ini dibagi menjadi tiga tingkatan :
  • CCNA (Cisco Certified Networking Associate)
  • CCNP (Cisco Certified Networking Professional)
  • CCIE (Cisco Certified Internetworking Expert)
Kerjasama Cisco System, Inc. dengan Departemen Fisika, FMIPA-UI menawarkan program CCNA. Setelah sukses mengikuti program training CNA di Departemen Fisika FMIPA-UI, Anda akan memperoleh Sertifikasi Internasional resmi dari Cisco System, Inc. sebagai bukti kelulusan Anda.
Mengapa Perlu Mengikuti CNA ?
Dalam era ekonomi internet ini, tenaga profesional di bidang Teknologi Informasi sangat dibutuhkan. Kebutuhan dunia akan tenaga networking dan internet saat ini terus meningkat setiap tahun.
CNAP dirancang untuk memenuhi kebutuhan ini dengan :
  • Mendidik Anda menjadi tenaga profesional yang terampil di bidang networking dan internet, serta
  • Mempersiapkan Anda untuk mendapatkan Cisco Career Certifications CCNA, CCNP, dan CCIE
Dengan menyandang Sertifikasi CCNA, CCNP, atau CCIE, maka Anda akan siap memasuki lapangan kerja dan dapat bersaing sacara global.
 Bagaimana Sistem Pendidikan CNA ?

Kurikulum
Seluruh Kurikulum profesional training CNA dirancang oleh Cisco System, Inc. dan bersifat vendor neutral. Kurikulum ini akan secara bertahap melatih Anda menjadi ahli dan terampil dalam merancang, membangun, dan memelihara jaringan komputer dan internet.
CCNP (Cisco Cetified Network Profesional). Program ini ditujukan kepada para praktisi jaringan komputer yang telah memiliki sertifikasi CCNA atau telah mengikuti program training CCNA Fasttrack atau Cisco Networking Academy Program serta berkeinginan untuk mendalami teknologi jaringan komputer berbasis Cisco Devices. Program Training CCNPyang diselenggarakan oleh NetCampus Training Center dikemas dalam paket program yang dinamakan Program Intensif CCNP.
Program Intensif CCNP adalah program training CCNP yang menggabungkan 3 modul training CCNP (Advanced Routing, Multilayer Switching, dan Network Troubleshooting) dalam 1 (satu) paket program training. Program ini berlangsung selama 3,5 bulan bulan dimana training diselenggarakan dengan mengkombinasikan metode presentasi, simulasi konfigurasi router dengan memanfaatkan software simulator, serta praktek langsung dengan perangkat jaringan berbasis Cisco Devices seperti Cisco Router 2600 dan 3600 serta Cisco Switch Catalyst 2900(Layer 2) dan 3550 (Layer 3).

Operating system(open source & close source

Operating system(open source & close source)

           A.     Open Source
            a.      Linux
            Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapapun.
Nama “Linux” berasal dari nama kernelnya (kernel Linux), yang dibuat tahun 1991 oleh Linux Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.
           b.     Mono Framewok
Mono adalah sebuah proyek yang dipimpin Novell (dulunya oleh Ximian) untuk membuat suatu ECMA compliant standar sekumpulan peralatan – peralatan kompatibel .NET, meliputi salah satunya C# kompiler dan suatu Common Language Runtime. Mono dapat berjalan pada Linux, FreeBSD, UNIX, Mac OS X, Solaris dan komputer – komputer berbasis Windows.
Mono merupakan dual licensed oleh Novell, serupa dengan produk – produk lain seperti Qt dan Mozilla Application Suite. Kompiler C# Mono dan peralatannya dirilis dibawah GNU General Public License (GPL), pustaka – pustaka runtime dibawah GNU Lesser General Public License (LGPL) dan pustaka – pustaka kelas dibawah MIT License. Semua itu adalah free software dan open-source licenses dan oleh karenanya Mono adalah free dan software open-source.
        B.      Close Source
Close source adalah sistem operasi yang tidak dapat dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapapun (tidak gratis dan berlisensi). Contoh sistem operasinya adalah Windows dan Mac OS 
           Software dalam kategori ini dapat dikelompokkan menjadi beberapa 
bagian :
  • Operating System (Sistem Operasi), contoh : Microsoft Windows.
  • Languages (Bahasa Pemrograman), contoh : Visual Basic, ASP, Pascal.
  • Web Browser, contoh : Internet Explorer
  • Aplication (Aplikasi), contoh : Adobe Photoshop, CorelDraw
  • Office Suites (Aplikasi perkantoran), contoh : Microsoft Office
  • Server Aplication (Server), contoh : ColdFusion, IIS .
  • Antivirus, contoh : Norton Antivirus, McAfee .
  • Games, contoh : FIFA 2006, Winning Eleven, Spiderman .
C.    Pengertian close source
Close source adalah kebalikan dari open source. Close source adalah suatu software yang kode sourcenya tidak dipublikasikan, contohnya adalah Microsoft Windows, (Bukan berarti closed source disini bahwa hanya Bill Gate saja yang tahu kode sumber dari OS Windows, dan hanya dia yang melakukan pengembangan sendirian sampai hari ini, namun kenapa masih dikatankan close soure? hal ini dikarenakan kode sourcenya tidak di publikasikan ke umum dan hanya diketahui oleh pegawai-pegawainya saja atau hanya kelompok tertentu saja yang tahu, yang dalam hal ini hanya pihak perusahaan Microsoft).

Prediksi Teknologi Komputer di Masa Depan

Prediksi Teknologi Komputer di Masa Depan


Prediksi Penggunaan Komputer di Masa Depan Pada Empat Bidang Kegiatan Serta Dampaknya Terhadap Tenaga Kerja

Tanpa kita sadari, komputer telah menjadi suatu kebutuhan dan memiliki peranan yang sangat penting di masyarakat. Hal ini berlaku di negara-negara yang sudah maju maupun di negara-negara yang sedang berkembang. Sebagai salah satu penemuan manusia, teknologi komputer sama halnya dengan penemuan manusia lainnya seperti alat transportasi, militer, peralatan rumah tangga, dan lain sebagainya. Mereka berkembang bersama-sama diciptakan adalah untuk memenuhi kebutuhan manusia. Yang membedakannya adalah komputer memiliki kemampuannya untuk dapat diprogram guna melaksanakan berbagai macam tugas secara menakjubkan dengan kecepatan dan ketelitian yang tinggi. Selain itu yang hal lain yang membedakannya adalah kecepatan perkembangan teknologinya.
Dalam beberapa tahun terakhir ini para ahli fisika, elektronika dan komputer dapat mengembangkan microprocessor yang berkemampuan besar. Pengolah semacam itu digunakan sebagai bagian pengendali dari produk teknologi lain seperti peluru kendali, kendaraan bermotor, pesawat udara, kamera, komputer pribadi dan jalur perakitan otomatis di industri. Komputer tersebut tidak hanya membantu melaksanakan pekerjaan, akan tetapi mengubah tata carakerja dan sekaligus menimbilkan tantangan dan permasalahan baru dalam lingkungannya.
Komputer pada saat ini banyak digunakan di sekolah, kantor ataupun di rumah. Komputer digunakan sebagai alat bantu untuk mengolah berbagai jenis data untuk bermacam-macam keperluan. Pada saat ini di sekolah-sekolah banyak kita jumpai pengolahan nilai siswa dengan komputer yang dapat membantu pembuatan daftar nilai, penghitungan nilai rata-rata kelas ataupun laporan-laporan untuk kepentingan evaluasi pendidikan. Komputer juga sudah banyak digunakan untuk mencetak kuitansi tagihan listrik, telepon, kartu kredit dan sebagainya.
Sejak beberapa tahun yang lalu komputer sudah digunakan sebagai alat bantu untuk menyimpan, mengolah, dan mengambil kembali data atau informasi yang diperlukan. Contoh dari kegunaan komputer antara lain adalah :
  1. Digunakan untuk membantu pengarsipan di kantor-kantor.
  2. Digunakan pada bidang animasi untuk membantu pembuatan film-film dengan memanfaakan kemajuan dalam bidang disain grafik dan pengolahan citra.
  3. Membantu pemakai dalam menelusuri indeks subjek dan indeks pengarang di perpustakaan
    digunakan sebagai pendukungan layanan administratif di rumah sakit seperti data pasien, pemesanan tiket pesawat, kereta, serta alat transportasi lainnya.
  4. Administrasi negara seperti administrasi data kepegawaian dan kependudukan, serta segala bidang kegiatan lainnya.
  •   Prediksi penggunaan komputer dimasa depan :
Dengan semakin besarnya peran komputer dalam membantu manusia dalam kegiatan sehari-harinya, serta semakin banyaknya penemuan-penemuan baru di bidang teknologi yang kesemua nya itu diciptakan untuk kepentingan umat manusia, maka peran komputer akan semakin besar berperan dalam kegiatan sehari-hari. Namun Kemajuan teknologi komputer itu selain memberi dampak positif juga menimbulkan dampak negatif yang kurang diperhitungkan sebelumnnya. Teknologi memberikan banyak keuntungan pada masyarakat seperti komunikasi yang lebih baik, transportasi yang lebih cepat dan lebih aman, penyelesaian pekerjaan yang lebih cepat dan akurat serta efisiensi dalam penggunaan tenaga kerja.
Walaupun tidak terungkap secara terbuka selalu ada perasaan takut di kalangan masyarakat bahwa akhirnya manusia menjadi budak dari mesin yang diciptakannya sendiri karena banyak posisi penting dalam pekerjaan yang diambil alih oleh mesin dengan alasan biaya, kecepatan kerja dan ketelitian.
Banyak kalangan yang berpendapat bahwa mesin pandai akan terwujud dan memasyarakat. Mereka percaya bahwa keberadaan mesin ini akan amat bermanfaat yang akan menindih dampak negatifnya.
Karena peran serta komputer sudah jelas dirasakan manfaat serta memiliki kemampuan yang hebat, kita semua sudah dapat memperkirakan bagaimana dimasa depan komputer dapat mengambil alih hampir semua bidang pekerjaan.
Prediksi penggunaan komputer di masa depan pada empat bidang kegiatan serta dampaknya terhadap tenaga kerja pada empat bidang kegiatan tersebut antara lain adalah :
a.      Bidang Perbankan :
Penggunaan mesin pelayanan bank otomatis (Automatic Teller Machine), terminal penjualan (Point Of Sell Terminals) dan komunikasi antar komputer menghasilkan sistem pemindahan dana elektronik (Cash Less Society atau masyarakat tanpa uang tunai). Keseluruhan sistem ini akan mengubah tata cara kerja bank, pengecer, grosir dan pedagang.
Dalam dunia perbankan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindah bukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening. Di kota-kota besar, kita dapat memastikan kebanyakan orang telah mempunyai rekening di bank. Rekening yang bisa berupa tabungan, rekening koran, giro, ataupun deposito.Memanfaatkan internet sebagai salah satu jalur transaksi perbankan yang lebih mudah diakses dimanapun seperti di rumah atau kantor dan juga kapanpun selama 24 jam selama satu minggu.
b.      Bidang Transportasi :
Dalam Industri transportasi saat ini computer memberikan kemampuan untuk mengelola kendaraan dengan melacak lokasi dari pengguna kendaraan tersebut, computer digunakan untuk mendeteksi banyaknya mobil yang berhenti di lampu lalu lintas, selain itu computer juga dapat menghitung waktu optimum dari sinyal lampu lalulintas untuk memperlancar lalu lintas.
Dengan diikuti perkerkembangan dunia teknologi yang mensupport bidang       
transportasi beberapa negara maju kereta dipasang alat navigasi modern untuk    
menggantikan masinis melalui penggunaan satelit dan sistem computer.
Bisnis penerbangan menggunakan computer untuk reservasi. Bandar udara tidak akan berfungsi secar maksimal tanpa menggunakan atau disupport dengan computer untuk membantu melacak serta membaca sinyal pesawat terbang yang akan mendarat ataupun yang sedang mengudara.
                   c.      Bidang Informasi dan komunikasi
Dalam bidang informasi dan komunikasi telah terjadi kemajuan yang sangat pesat. Dari kemajuan dapat kita rasakan dampak positipnya antara lain:
1.   Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru bumi bagian manapun melalui  internet
2.  Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya
    dengan melalui handphone
3. Kita mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah. Dan lain-lain
Disamping keuntungan-keuntungan yang kita peroleh ternyata kemajuan kemajuan teknologi tersebut dimanfaatkan juga untuk hal-hal yang negatif, antara lain:
1.  Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris (Kompas)
2.  Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa
    disalah gunakan fihak tertentu untuk tujuan tertentu
3.  Kerahasiaan alat tes semakin terancam Melalui internet kita dapat memperoleh
     informasi tentang tes psikologi, dan bahkan dapat memperoleh layanan tes psikologi
     secara langsung dari internet.
             Kecemasan teknologi      Selain itu ada kecemasan skala kecil akibat teknologi komputer. Kerusakan komputer karena terserang virus, kehilangan berbagai file penting dalam komputer inilah beberapa contoh stres yang terjadi karena teknologi. Rusaknya modem internet karena disambar petir.